Hot Posts

Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar

SELAMAT DATANG DI BLOG GURU DION INDONESIA

Perkenalkan ngaran ulun Bapak Agus dari SMP Mitra Kasih Banjar. Ulun Sahabat Teknologi 2023 Provinsi Kalimantan Selatan. Ulun mewakili Kabupaten Banjar. Mohon dukungan dan doa pian sabarataan, agar ulun dapat melaju ke Tingkat Nasional sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 mewakili Kalimantan Selatan. Terima kasih nggih, ulun minta rela, minta ikhlas, minta Ridha lawan pian sabarataan.

Comments

4/comments/show

Akun Belajar.id

Sumber gambar: https://belajar.id/

Bapak dan Ibu guru hebat semua, tentu Anda pernah mendengar mengenai akun belajar.id, bukan?! Nah, melalui artikel singkat ini, saya ingin mengajar Anda semua untuk lebih mengenal akun belajar.id.

Hmmm, apa itu apa itu akun belajar.id sebenarnya? Begini, akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan; mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan akun belajar.id, kita dapat mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek, hingga beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar sehari-hari; baik secara tatap muka ataupun jarak jauh (PJJ).

Melalui akun belajar.id, kita bisa melakukan panggilan video dengan sesama pendidik maupun dengan siswa-siswi kita melalui pembelajaran daring atau online.

Dengan akun belajar.id ini pun, sebagai Bapak dan Ibu guru hebat dapat mengakses Raport Pendidikan dengan mudah. Apabila kita rajin membuka Rapor Pendidikan ini, maka kita dapat membuat refleksi bersama terkait dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan kita masing-masing.

Apa yang sudah baik, apa yang mesti dipertahankan, pun apa yang mesti kita perbaiki; semuanya ada di dalam Raport Pendidikan ini. Dan Raport pendidikan akan selalu diperbaharui datanya setiap tahun.

Selain itu, dengan akun belajar.id kita bisa mengakses PMM (Platform Merdeka Mengajar) yang disediakan oleh Kemendikbudristek untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka hingga di tingkat satuan pendidikan.

Akun belajar.id ini pun bisa dipergunakan untuk mengakses berbagai aplikasi lain yang bekerjasama dengan Kemendikbudristek. Salah satunya adalah Canva atau dikenal juga dengan nama Canva for Education. Siapa nih, di antara Bapak dan Ibu guru hebat yang belum mengenal Canva?

Nah, dengan akun belajar.id ini, kita dapat mengakses Canva dengan akun premium dan semuanya gratis!!!

Untuk memaksimalkan manfaat dari akun belajar.id ini pun, Kemendikbudristek juga memberikan bantuan Chromebook ke semua sekolah yang ada di Tanah Air. Chromebook ini adalah laptop yang diadakan oleh Kemendikbudristek dan hanya bisa diakses dengan memakai akun belajar.id, baik milik guru maupun siswa.

Bagi Bapak dan Ibu guru hebat, juga untuk siswa yang sampai hari ini belum memiliki akun belajar.id; maka bisa segera mengajukan permintaannya melalui operator sekolah masing-masing. Cara pendaftarannya pun mudah dan praktis. Tinggal masuk ke situs https://belajar.id/; kemudian isi formulir pendaftaran yang disediakan dengan benar. Setelah didaftarkan; maka kita tinggal menunggu saja beberapa waktu lamanya, sampai akun belajar.id kita siap dipergunakan.

Oiya, apabila pendidik maupun peserta didik tidak dapat mengingat kata sandi (password) atau istilah kerennya “lupa”, silakan menghubungi admin sekolah untuk mengajukan reset password.

Perlu diketahui, kita hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi berikut:

1. Sesaat setelah aktivasi

2. Setelah kita menjadi pengguna aktif atau apabila kita lupa kata sandi (password)

Admin sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduan yang sudah disediakan pada dashboard akun belajar.id.

Nah, tunggu apalagi Bapak dan Ibu guru hebat semua? Bagi Bapak dan Ibu guru hebat yang belum mempergunakan akun belajar.id-nya; ayo, segera akses akun belajar.id Anda masing-masing sekarang juga!

Juga untuk Bapak dan Ibu guru hebat yang siswa-siswinya di sekolah belum memanfaatkan akun belajar.id-nya, ayo ajak siswa-siswi kita untuk memanfaatkan akun belajar.id-nya masing-masing; sebab keuntungannya banyak sekali!

Mari kita dukung percepatan transformasi digital di dunia pendidikan di Tanah Air dan salam Merdeka belajar.

 

Sumber bacaan:

https://belajar.id/

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akun Belajar.id"

Post a Comment