Hot Posts

Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar

SELAMAT DATANG DI BLOG GURU DION INDONESIA

Perkenalkan ngaran ulun Bapak Agus dari SMP Mitra Kasih Banjar. Ulun Sahabat Teknologi 2023 Provinsi Kalimantan Selatan. Ulun mewakili Kabupaten Banjar. Mohon dukungan dan doa pian sabarataan, agar ulun dapat melaju ke Tingkat Nasional sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 mewakili Kalimantan Selatan. Terima kasih nggih, ulun minta rela, minta ikhlas, minta Ridha lawan pian sabarataan.

Comments

4/comments/show

Kegiatan Berbagi Praktik Baik #1 Inovasi Pembelajaran Model TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Bantuan MPI yang dibuat dengan Articulate Storyline

Foto kegiatan Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan MPI Bersama Siswa di Kelas 8A

Saya melakukan kegiatan berbagi praktik baik di kelas 8A SMP Mitra Kasih. Kepada siswa siang itu, Selasa, 17 Oktober 2023, saya perkenalkan dengan MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif). Kepada siswa saya berikan penjelasan bagaimana cara mengoperasikan MPI secara mandiri, agar siswa pun dapat memanfaatkan MPI secara maksimal untuk meningkatkan hasil belajarnya secara mandiri.

Setelah saya lakukan demo di depan kelas, siswa kemudian melakukan eksplorasi secara mandiri dengan mempergunakan laptop atau gawainya masing-masing. Tampak siswa begitu antusias dan tertarik dengan MPI yang tayang di hadapan mereka masing-masing.



Foto kegiatan Berbagi Praktik Baik Pemanfaatan MPI Bersama Siswa di Kelas 8A

Usai mencoba memanfaatkan MPI melalui tautan PMM maupun tautan asli MPI tersebut, siswa kemudian memberikan pendapatnya melalui survei yang saya lakukan dengan memanfaatkan Google Form. Secara umum siswa merasa tertarik dengan MPI yang mereka akses hari ini.

Meski begitu, mereka tetap berharap agar penyampaian materi pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas tetap memanfaatkan beragam media yang tersedia, termasuk melalui metode konvensional dengan cara memberikan catatan di papan tulis; baik berupa teks maupun mind map (peta pikiran).

Adapun hasil survei disajikan melalui tautan berikut :

Mari mendukung transformasi digital di dunia pendidikan Indonesia dan salam merdeka belajar!

 

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegiatan Berbagi Praktik Baik #1 Inovasi Pembelajaran Model TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Bantuan MPI yang dibuat dengan Articulate Storyline"

Post a Comment