Hot Posts

Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar

SELAMAT DATANG DI BLOG GURU DION INDONESIA

Perkenalkan ngaran ulun Bapak Agus dari SMP Mitra Kasih Banjar. Ulun Sahabat Teknologi 2023 Provinsi Kalimantan Selatan. Ulun mewakili Kabupaten Banjar. Mohon dukungan dan doa pian sabarataan, agar ulun dapat melaju ke Tingkat Nasional sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 mewakili Kalimantan Selatan. Terima kasih nggih, ulun minta rela, minta ikhlas, minta Ridha lawan pian sabarataan.

Comments

4/comments/show

PMM (Platform Merdeka Mengajar)

 

Sumber gambar : https://guru.kemdikbud.go.id/

Mungkin di antara Bapak dan Ibu guru hebat, ada yang pernah mendengar tentang PMM (Platform Merdeka Mengajar), namun sampai hari ini belum mengetahui dengan pasti apa yang dimaksud dengan PMM itu sebenarnya.

PMM dibangun untuk menunjang implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, sekaligus pemahaman tentang Kurikulum Merdeka itu sendiri.

PMM disediakan sebagai sarana untuk menjadi “teman penggerak” bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya dalam aktivitas kesehariannya di sekolah.

PMM atau Platform Merdeka Mengajar tersedia di Google Play Store dan dapat diinstal/diunduh pada perangkat Android (dengan versi minimal adalah android 5 atau juga dikenal dengan nama versi Lollipop).

Bagi Bapak dan Ibu guru hebat yang tidak memiliki perangkat Android, tetap dapat mengakses PMM ini melalui web browser di laptop atau ponsel pintar Anda dengan mengakses alamat: https://guru.kemdikbud.go.id/. 

Bila Anda sudah berhasil masuk di alamat tersebut, silakan gunakan akun belajar.id masing-masing untuk login dan mengeksplorasi semua menu dan submenu yang tersedia dalam PMM ini.

Adapun beberapa menu yang dapat kita eksplor di Platform Merdeka Mengajar ini antara lain:

1. Menu “Tentang Kurikulum Merdeka”

2. Menu “Kegiatan Belajar Mengajar”

3. Menu “Pengembangan Diri”

4. Menu “Mencari dan Berbagi Inspirasi”

Melalui menu “Tentang Kurikulum Merdeka”, Bapak dan Ibu guru hebat semua, dapat menyimak panduan, referensi, fakta, sekaligus perbandingan kurikulum. Tentu di sini yang dimaksud adalah Kurikulum Merdeka; sesuai dengan judul utama pada menu di atas.

Kemudian, melalui menu “Kegiatan Belajar Mengajar”, Bapak dan Ibu guru hebat akan menemukan beberapa submenu, antara lain: Asesmen Murid, Perangkat Ajar, dan CP (Capaian Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).

Lalu sub menu apa saja yang terdapat pada menu “Pengembangan Diri”? Nah, pada menu ini secara spesial disediakan beragam pelatihan mandiri bagi Bapak dan Ibu guru hebat di manapun Anda berada.

Di sini Bapak dan Ibu guru hebat juga dapat berbagi dan berkolaborasi melalui komunitas-komunitas yang terdapat di dalam sub menu “Komunitas”. Pada menu pengembangan diri ini juga terdapat tools untuk mengikuti “Seleksi Kepala Sekolah”; juga disediakan LMS (Learning Management System).

Dan pada menu “Mencari dan Berbagi Inspirasi”, ada dua submenu di dalamnya, yaitu “Video Inspirasi” dan “Bukti Karya.”

Dalam submenu “Video Inspirasi” terdapat: video ide praktik pembelajaran, ide praktik asesmen, ide praktik refleksi, ide praktik tindak lanjut asesmen, contoh supervisi akademik, berbagai panduan PMM, mengenal raport pendidikan, rekaman webinar implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka, rekaman webinar perencanaan berbasis data, beragam video yang khusus mengulas Program Guru Penggerak, dan tema-tema lain yang menarik.

Sedangkan pada sub menu “Bukti Karya” kita dapat menggali ide dan inspirasi dengan menyimak aneka karya dari Bapak dan Ibu guru hebat dari seluruh Indonesia yang akan memperkaya khazanah dan wawasan kita semua sebagai insan pendidik tunas-tunas bangsa.

Nah, tunggu apalagi Bapak dan Ibu guru hebat semua? Ayo, akses PMM sekarang juga! Mari kita dukung percepatan transformasi digital di dunia pendidikan di Tanah Air.

Demikian pemaparaan singkat saya tentang PMM, semoga membawa manfaat. Salam Merdeka belajar!

 

Sumber bacaan:

https://guru.kemdikbud.go.id

 

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PMM (Platform Merdeka Mengajar)"

Post a Comment