Hot Posts

Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar

SELAMAT DATANG DI BLOG GURU DION INDONESIA

Perkenalkan ngaran ulun Bapak Agus dari SMP Mitra Kasih Banjar. Ulun Sahabat Teknologi 2023 Provinsi Kalimantan Selatan. Ulun mewakili Kabupaten Banjar. Mohon dukungan dan doa pian sabarataan, agar ulun dapat melaju ke Tingkat Nasional sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 mewakili Kalimantan Selatan. Terima kasih nggih, ulun minta rela, minta ikhlas, minta Ridha lawan pian sabarataan.

Comments

4/comments/show

Berbagi Praktik Baik Inspirasi Modul PembaTIK Level 4 #1: Pengalaman Sebagai Penulis Buku Antologi ASEAN 2023: “Gagasan Inspiratif Masyarakat Indonesia untuk Dunia”

  

Sumber gambar : Cover Buku Antologi ASEAN 2023 

Tak kurang dari 230 orang penulis dengan berbagai latar belakang keilmuannya berkontribusi sekaligus berkolaborasi dalam penerbitan buku antologi berjudul “ASEAN 2023: Gagasan Inspiratif Masyarakat Indonesia untuk Dunia”.

Yanuardi Syukur selaku editor buku antologi ini mengungkapkan kesannya selama membidani kelahiran antologi setebal 1.355 halaman ini. Yanuardi berujar bahwa buku ini dibuat dengan semangat untuk menyukseskan chairmanship Indonesia pada ASEAN dan menyatukan gagasan masyarakat Indonesia tentang ASEAN. Spiritnya digali dari sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

Buku tebal ini terbagi menjadi 23 bab yang sarat dengan artikel berbobot dari berbagai sudut pandang keilmuan dan wawasan para penulisnya yang berasal dari kalangan dosen, akademisi, pendidik berbagai disiplin ilmu, juga dari perwakilan masyarakat yang mempunyai perhatian khusus terhadap isu-isu yang berhubungan dengan ASEAN dan dinamikanya.

Proses penyusunan buku ini berjalan sekitar setahun lamanya hingga menjelang finishing akhir untuk selanjutnya mengalami proses layout dan cetak. Kesuksesan proses penerbitan buku ASEAN 2023 ini mengikuti jejak buku antologi sukses lainnya yang mengusung tema besar G20. Kala itu, buku terbagi dalam 4 jilid dan diterbitkan dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris).

Saya sendiri terlibat dalam kedua penulisan buku antologi bergengsi ini. Dan selama 2 tahun terakhir, saya bersama para penulis yang tergabung dalam grup besar Penulis Indonesia mendapat banyak bimbingan secara langsung dan intensif dari Bapak Yanuardi Syukur dan tim; sampai akhirnya buku terbit, launching, dan diseminarkan dalam bentuk daring maupun luring dalam beberapa sesi.

Berhubung tema yang diangkat adalah sesuatu yang sifatnya ilmiah dan serius, maka format tulisan yang tersaji pada buku antologi G20 (2022) dan ASEAN 2023 terbit dalam bentuk artikel ilmiah populer, dilengkapi dengan daftar pustaka atau daftar bacaan.

Dan dalam kegiatan PembaTIK Level 4 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, saya dan peserta lainnya mendapat kesempatan untuk mempelajari tatacara penulisan karya tulis ilmiah, artikel ilmiah populer, dan artikel populer.

Apa yang dipaparkan dalam modul tersebut ternyata seiring dan sejalan dengan pemahaman dan pengalaman yang telah saya alami melalui penulisan artikel ilmiah populer yang turut serta mengisi antologi terbitan 2023 ini.

Tulisan saya sendiri mengisi bab 18 dan saya beri judul “Sinergitas ASEAN dan Kepanduan Asia-Pasifik”. Awalnya saya sempat ragu-ragu, namun dalam perjalanan waktu, proses penulisan artikel ilmiah populer ini pun berjalan dan mengalir begitu saja. Saya pribadi merasa terhormat sebab karya tulis saya yang sederhana ini bisa bersanding dengan karya para penulis senior yang ada dalam buku antologi ini.

Dan ke depannya, saya berminat untuk menulis karya tulis ilmiah, karya ilmiah populer, maupun karya populer, untuk ikut mengisi berbagai media di bawah Kemendikbudristek RI. Saya berharap bisa menghasilkan karya-karya yang lebih banyak berhubungan dengan dunia pendidikan.


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagi Praktik Baik Inspirasi Modul PembaTIK Level 4 #1: Pengalaman Sebagai Penulis Buku Antologi ASEAN 2023: “Gagasan Inspiratif Masyarakat Indonesia untuk Dunia”"

Post a Comment